Offline Setup WordPress – Downloading your WordPress own

Terima kasih mas adri atas tulisannya yang sangat menggugah semangat para guru untuk menggunakan blog sebagai alat bantu pembelajaran. Semoga niat baik ini memdapatkan balasan dari Tuhan. Wijaya Kusumah Guru SMP Laschool (http://wijayalabs.blogspot.com/) – salah satu komentar yang saya terima di blog saya dan masih satu-satunya…he..he.

Mas… Adri, saya udah baca tulisannya… and it’s great.. But how to setup blog using WordPress using offline setup? Karena saya berkeinginan untuk membangun blog saya yang saya seting secara offline terlebih dahulu, kemudian baru saya launching (salah satu email yang saya terima dari pembaca tulisan saya Guru Goblok…! di ilmukomputer.com)

Mengingat beberapa komentar yang saya terima baik tertulis di Blog, maupun di email, maka mulai tulisan ini saya akan mencoba untuk menulis bebarapa naskah yang akan saya gunakan untuk membantu pada guru/ dosen/ isntruktur dan tenaga pendidik lainnya untuk mulai lebih professional dalam menggunakan blog, sebagai sarana untuk berbagi ilmu dan mencerdaskan anak bangsa

Untuk membangun sebuah blog professional, maka sebaiknya anda lakukan setup blog secara offline, kemudian jika sekiranya semua konfigurasi dan tampilan telah anda lakukan secara maksimal, barulah kemudian anda lakukan publish di internet atau di salah satu layanan hosting, jika sekiranya anda berkeinginan memiliki domain sendiri.

Pada langkah awal ini, anda lakukan persiapan instalasi di localhost komputer anda dirumah, untuk keperluan ini dibutuhkan beberapa perangkat simulasi offline antara lain :
1. Sebuah web server (kita gunakan apache)
2. Sebuah database mysql (kita gunakan mysql)
3. Sebuah server side scripting (kita gunakan php)
4. Modul blog yang akan dikonfigurasi (kita pake wordpress)

Anda jangan bingung dengan semua yang saya sampaikan di atas, karena walaupun kesannya banyak konfigurasi yang dibutuhkan, sebenarnya anda cukup mendownload dua software utama , jika anda menggunakan sistem operasi windows, maka sesuaikan dengan sistem operasi anda,…. Apa itu?

1. Silahkan download paket lengkap webserver apache, mySql, dan PHP,

a. Dalam hal ini kita gunakan Xampp, yang dapat anda download dari alamat http://www.apachefriends.org/en/xampp.html, seperti telihat pada Gambar berikut :xampp-download1.jpg

b. Kemudian pilih paket Xampp yang sesuai dengan sistem operasi anda (Windows minded bukan?), seperti terlihat pada Gambar berikut ini :xampp-download2.jpg

c. Klik dua kali pada kategori Xampp for Windows, sehingga kemudian akan muncul halaman download paket Xampp untuk Windows, silahkan gerakkan right-scroll bar pada jendela browser anda, hingga anda temukan semua paket download, lihat berikut :xampp-download3.jpg

d. Terdapat tiga pilihan paket yang dapat anda download, namun ssebaiknya anda pilih aja yang paket Installer-nya, karena tidak akan merepotkan anda pada saat instalasi nantinya, klik dua kali untuk mendownloadnya :xampp-download4.jpg

 

2. Download paket Wordpress untuk personal blog

Untuk mendownload paket WordPress paket psersonal blog, kunjungi alamat http://wordpress.org/development/2007/12/wordpress-232/, untuk versi tertinggi saat ini. Seperti terlihat pada Gambar berikut ini :download-address.jpg

Kemudian klik link Teks Get 2.3.2 Now

Selesai deh

 Sampai di sini, saudara sudah siap untuk mulai bereksperimen dengan blog versi offline… Be a professional blogger…!

See you next article…! To be Continued

profil.jpg

 

 

 

 

 

 

 

Satu Tanggapan

  1. assalamualaikum mak etek
    ambo masih alun bisa memasukkan gambar di halamn blog yamg ambo buek dan masih alun bisa mengganti gambar paling ateh dek gambar nan katuju lai

Tinggalkan Balasan

