Pengalaman Saya dalam membangun e-Learning

Pada tulisan saya kali ini, saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman dengan siapa pun dalam membangun sebuah e-learning…., Mungkin jujur saja untuk membangun dari nol, kemungkinan akan menguras lebih banyak energi dan pemikiran dalam pemrograman, maka kepada pembaca yang budiman saya anjurkan, mendingan pake yang uda jadi dalam bentuk CMS (Course management system) atau LMS (Learning Management System) yang udah jadi, tinggal kita optimasi dengan melengkapi plug-in dan template atau modul lainnya.

Kalo boleh saran nih… pake aja yang Open Source, sehingga kita nggak nanggung dosa dunia akhirat…!!! cukup banyak LMS yang opensource tersedia secara free, yang pernah saya pake antara lain :

1. Moodle, dapat didownload dari http://moodle.org/

2. Dokeos, dapat didownload dari http://www.dokeos.com/

3. A Tutor, dapat didownload dri http://www.atutor.ca/

Ketiganya saya nilai cukup bagus dalam menangani kebutuhan e-larning, tetapi sangat tergantung kepada kebutuhan anda.

bagaimana membangun e-learning dengan ketiga free LMS tersebut, akan saya ulas pada turotial terpisah.

8 Tanggapan

  1. Assalammualaikum, Pak Adri.

    Mau minta tolong, Saya lupa password saya di elearning. Telah saya klik losspassword, tapi konfirmasi tetap tidak datang ke email saya.
    Saya mau mempostkan bahan belajar elearning. What should I do?

  2. ass. mas mau nanya..
    berapa lama waktu yang dibutuhkan waktu membangun e-Learning nya?
    apa essensi2 yg harus ada di eLearning yang dibangun..
    tolong dibalas, soalnya buat skripsi
    wass

  3. Untuk sekedar membangun e-Learning dengan salah satu LMS tersebut, cukup sediakan waktu anda satu hari, jika sudah terbiasa bekerja dengan CMS, jika tidak terbiasa butuh waktu 2 – 3 hari, kemudaian dilanjutkan dengan mengkonfigurasi sesuai dengan kebutuhan

  4. tolong sy kehilangan login admin di dokeos…. cara membuatnya gmn?? Plz..

  5. saya sudah pernah mencoba menggunakan moodle, tp tida untuk vista!
    saya rasa ada konfigurasi lagi jika ingin dgunakan di OS vista.

    Tolong syapa yang tau,berbagi dengan saya donk? email aj?
    than’ks yah

    • Sebenarnya tidak ada persoalan dengan sistem operasinya… coba anda perhatikan kompatibelitas database Mysql dengan Moodle-nya, karena biasanya kegagalan terjadi di sini.

  6. http:/freddykurniawijaya@gmail.com
    freddykurnia.co.cc

Tinggalkan Balasan

