Siapkah Guru di Sumbar untuk National Innovative Teacher Competition 2008?

Dalam satu sesi kunjungan saya ke Kantornya mas Romi (lihat kembali Go to Brainmatics), pada awal Maret 08 yang lalu, beliau memberikan gambaran tentang suatu kegiatan yang dapat dijadikan sebagai barometer “Melek Teknologi dan Kegandrungan Inovasi Pembelajaran” bagi Guru-guru seluruh Indonesia dalam wujud National Innovative Teacher Competition 2008, sebagai ajang inovasi pengembagan Paket Pembelajaran berbasis Multimedia.

Sumatera Barat sebagai salah satu “Gudangnya Cendikia dan Pemikir Indonesia Tempo Doeloe“, yang diperoleh sebagai hasil pendidikan berbasis “Surau“, dengan berbagai inovasi netode pembelajaran yang digunakan oleh para guru ngaji, ternyata berhasil melahirkan seorang Buya Hamka, Dr. Moh. Hatta, Moh. Yamin, SH dan banyak tokoh lainnya…., namun pertanyaannya sekarang, masihkah guru kita mempunyai inovasi yang tinggi dalam memberlajarkan para anak didiknya? apalagi di era teknologi informasi ini, seharusnya guru juga menjadi pilot dalam pemanfaatan teknologi sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, sehingga anak didik kita tidak menjadi korban teknologi seperti yang ada hari ini.

Seharusnya guru kita memberikan motivasi yang positif terhadap kehadiran teknologi informasi dalam pembelajaran, dalam wujud pemanfaatan IT sebagai sarana pembelajaran, bukan meninggalkannya, hanya karena takut efek negatif IT….!!. Kehadiran teknologi selalu mempunyai dua dampak ; Dampak Positif dan Dampak negatif, but who is behind the gun?, itu yang terpenting untuk dijawab.

Kembali ke kompetisi di atas, sejauhmanakah kesiapan guru kita dalam melakukan inovasi pembelajaran, yang diwujudkan dalam bentuk pengembangan bahan ajar berbasis multimedia, sehingga siap menghadapi kompetisi tersebut, walaupun kompetisi ini bukan sebab kita harus mengembangkan metoda pembelajaran yang lebih baik.

Mengingat semakin dekatnya deadline kompetisi yang telah ditetapkan panitia (21 April 08), tentu waktu yang kita miliki semakin sempit, oleh karena itu pertanyaan ini muncul di benak saya… siapkah guru kita di Sumatera Barat untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini?

Beberapa bulan yang lalu beberapa SMU dan SMK di Sumatera Barat, pernah saya ajak untuk mulai mengembangkan Multimedia Instructional Design sebagai basis model pembelajaran di sekolah, namun sejauh ini tidak semuanya dapat memahami arti ajakan saya tersebut….!!! Atau karena alasan biaya kali ya…? Walaupun beberapa diantaranya saya latih dalam kegiatan Training IT-Based Education melalui kegiatan “Musyawarah Guru Mata Pelajaran“, seperti yang telah dilakukan oleh Guru-guru Geografi SMU/ SMK se Kota Padang, beberapa minggu yang lalu (21 – 23 Maret 08), sambil mengisi liburan dengan kegiatan yang positif.

Seperti di kutip dari RomiSatriaWahono.net, bahwa tahun 2008 ini lomba khusus diperuntukkan untuk guru SD, SMP, SMA dan yang sederajat. Perlu dicatat bahwa tidak hanya produk multimedia pembelajaran yang dinilai, tapi bapak dan ibu guru juga diminta menyampaikan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) yang membuktikan keunggulan dan kelemahan metode kreatif dan inovatif berbasis teknologi informasi dan multimedia tersebut. Lengkapnya ada lima aspek yang dinilai dalam lomba ini:

  1. Implementasi materi pembelajaran berbasis multimedia (teknologi informasi dan komunikasi) secara nyata di kelas
  2. Kadar manfaat materi untuk peningkatan hasil belajar siswa dapat diungkapkan dengan jelas dan terukur
  3. Kreatifitas, orisinalitas, serta akan lebih baik jika mampu bersifat edutaintment (education – entertainment)
  4. Kesesuaian dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
  5. Kemampuan penyampaian / presentasi proposal dan/atau materi pembelajaran yang fokus pada sasaran dan mudah dipahami

Tolong dicatat bahwa pemenang tahun sebelumnya tidak diperkenankan untuk mengikuti lomba lagi tahun ini. Syarat peserta lomba secara lengkap adalah:
Guru (SD/MI, SMP/MTs atau SMA/MA/SMK), baik sekolah negeri maupun swasta di seluruh daerah di Indonesia
Warga negara Indonesia (WNI) dan bukan anggota panitia/penyelenggara kompetisi
Belum pernah menjadi juara / pemenang pada kompetisi sebelumnya
Tiap peserta hanya diperkenankan mengirim 1 (satu) buah proposal / hasil karya
Peserta tidak dipungut biaya apapun selama proses penjurian / kompetisi berlangsung

Bagaimana bapak dan ibu guru sekalian, tertarik mengikuti lomba? Mohon ikuti prosedur pengiriman karya di bawah:

Kirimkan 2 (dua) buah CD-ROM yang masing-masing berisi:

  • Folder “proposal” dengan isi:

    1. Kartu identitas guru yang masih aktif yang di-scanned
    2. Surat Rekomendasi dari Sekolah (format bebas) yang di-scanned
    3. Dokumen proposal / laporan dengan berupa .doc atau .rtf sesuai template format
  • Folder “materi” dengan isi:

    1. Materi/program berbasis TIK / multimedia yang digunakan untuk proses belajar-mengajar di kela
    2. Pedoman/petunjuk penggunaan materi/program (apabila ada)
    3. Dokumen lainnya yang diperlukan atau terkait (apabila ada)
  • Template format proposal / laporan dapat di-download di sini

    2 (dua) buah CD-ROM tersebut, dikirimkan langsung via pos tercatat ke:

Panitia National Innovative Teacher Competition 2008
Agranet Multicitra Siberkom (up: Tina Arvianh)
Aldevco Octagon Building Lt.5
Jl. Warung Jati Barat Raya No.75
Jakarta 12740

Jangan lupa catat deadline pengiriman karya adalah 21 April 2008 (cap pos). Ada perpanjangan deadline pengiriman karya, yaitu sampai tanggal 21 april 2008

Memang agak mepet, tapi mudah-mudahan banyak yang bisa berpartisipasi di lomba ini. Hadiah laptop untuk 3 karya terbaik dan kamera digital untuk 7 karya dibawahnya sudah menunggu. Para semi-finalis juga akan mendapatkan workshop gratis tentang pengayaaan materi dan wawasan tentang multimedia pembelajaran interaktif selama 3 hari. Adapun 3 pemenang terbaik juga berkesempatan mendapatkan peluang untuk mengikuti International Innovative Teacher Competition di luar negeri.

Kompetisi ini diselenggarakan hasil kerjasama Detikinet.Com, IlmuKomputer.Com, Zyrex dan Microsoft Indonesia. Press release resmi dari Detik.Com bisa dilihat dari link ini.

Semoga saja waktu yang masih tersisa ini akan dapat digunakan sebaik mungkin….!!!!

4 Tanggapan

  1. salam kenal pak adri, apa kbr?
    saya ibu rosita guru biologi SMAN2 Pangkalpinang Bangka-Belitung.Saya baru membuka blog anda, dan saya sangat tertarik dengan inovasi pembelajaran dengan multimedia. Tahun 2007 saya memenangkan juara 2 lomba inovasi pembelajaran dgn menggunakan multimedia membahas ttg bakteri(monera) untuk siswa kls X semester2(tidak ada juara 1nya), lomba ini diselenggarakan oleh LPMP-Bangka.Tetapi tentu saja saya tidak puas dengan apa yang saya buat karena saya yakin ada yang lebih baik. Membaca blog anda membuat saya menjadi lebih bersemangat ingin mengetahui bagaimana inovasi2 yang telah dibuat oleh bapak atau yg bapak tahu sejauh ini di dunia pendidikan dengan multimedia.
    Oleh karena itu, mohon kiranya bapak memberi banyak informasi kepada saya seorang guru daerah yang berniat membuat sebuah inovasi buat siswa-siswi di sekolah.
    Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih
    wasalam
    Rosita

  2. oh yah pak, saya rencananya ingin ikut lomba penulisan buku pengayaan mata pelajaran tentang Mangrove (bakau). Saya sudah cari bagaimana contoh penulisannya, karena saya agak ragu apakah buku pengayaan itu sama dengan buku Biologi pegangan siswa.Dan saya juga sudah tanya-tanya ke beberapa guru,mereka jg kurang tahu tentang bagaimana membuat buku pengayaan.Sekiranya bapak memiliki informasi ttg model buku pengayaan mata pelajaran tersebut, mohon kiranya bapak bersedia mengirimkan info tersebut ke email saya.
    Untuk bantuan bapak, saya ucapkan terimakasih
    Hormat saya
    rosita

  3. Alhamdulillah, bu Rosita, selamat atas prestasinya….!
    Barangkali untuk proses pengembangan Ibu bisa mengikuti artikel saya di http://ilmukomputer.com/ dalam katergori e-Learning dan E-Education, saya tengah mempersiapkan tulisan berseri tentang pengembangan Bahan Ajar berbasis Multimedia, ataupun sesungguhnya dapat juga ibu ikuti di situs saya ini dalam ketegori IT-Based Education atau ICT for Teacher.

    Mudah-mudah ibu bisa menyebarluaskan kembali semua tulisan saya kepada semua guru yang ibu kenal, sehingga bermanfaat luas bagi pengembangan teknologi pendidikan nasional kita.

  4. Tentang buku pengayaan, saya punya sedikit informasi, usahakan buku pengayaan itu di arahkan kepada pengembangan kemampuan siswa dalam memahami koteks materi yang diuraikan, sehingga dlam penggunaan bahasa bisa digunakan bahasa yang lebih komunikatif, berbeda dengan buku teks, yang bahasanya lebih formal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: