Pembinaan Religi bagi Siswa SMAN 1 P. Panjang

Salah satu tujuan yang ingin di capai dalam tujuan pendidikan nasional, adalah terciptanya manusia-manusia yang bertaqwa, yang ditunjang oleh nilai-nilai akademis yang baik melalui proses pendidikan yang mereka lalui selama masa pendidikan di Sekolah. Namun ternyata tujuan yang mulia itu tidak terwujud dalam bentuk perencanaan kurikulum yang matang oleh pengambil kebijakan pendidikan kita. Kita lihat dalam Kurikulum Nasional ternyata mata pelajaran Agama ini hanya mendapatkan porsi sangat kecil sekitar 2 jam pelajaran perminggu.

Sekarang mari kita renungkan bersama, mungkinkan tujuan pendidikan nasional itu akan tercapai dengan kuantitas dan kualitas pembelajaran Agama yang hanya segitu? Barangkali usaha pembinaan yang dilakukan terhadap siswa-siswi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Padang Panjang patut dijadikan sebagai “contoh” dalam mengaplikasikan IPTEK dan IMTAQ.

Sudah hampir seminggu saya melakukan aktifitas di SMA Negeri 1 P. Panjang ini, ternyata saya tidak merasa berada dilingkungan sekolah umum, namun lebih dari apa yang saya rasakan waktu sekolah di Madrasah Aliyah dulu. Nuansa akademis yang religi terasa sangat kental……!

Tepat jam 04.30 pagi saya terbangun ditengah hawa dingin yang menusuk tulang, disela kelinglungan bangun tidur, saya dengar “murattal quran” yang dilantunkan oleh para siswa di mesjid sekolah, dan mereka adalah siswa yang tinggal di asrama sekolah. Setelah Shalat Subuh, semua siswa-siswi berhamburan, saya pikir mau pulang ke asrama dan melanjutkan kembali mimpi yang tadi tertunda…. ternyata dugaan saya meleset, mereka berhamburan berdiri, karena bergegas mengambil “Qur’an Saku“. Kemudian dibawah bimbingan seorang guru pembina, pagi ini mereka semua melafadzkan “Surah Al-Kahfi, yang berisikan kisah perjuangan generasi muda dalam mencari dan memperoleh kebenaranserta hidayah Allah SWT. Pembacaan surah ini dimulai dari ayat pertama hingga ayat terakhir, dan ditutp dengan “Surah Yasiin“, hingga tuntas.

Setelah saya terlena dengan pesona ini, kemudian saya mencoba untuk berdiskusi dan menggali informasi dari guru/ ustadz pembina Asrama, aktifitas seperti ini telah dimulai oleh siswa-siswi yang tinggal di Asrama semenjak mereka duduk di kelas X (Kelas 1 SMA)….., MasyaAllah…!! saya merasa terharu, ternyata masih ada sebuah Sekolah Umum dengan tradisi seperti ini, sementara di Madrasah aja sudah sulit kita menemukannya……, Alangkah bahagianya orang tua wali murid mendapatkan bahwa anak mereka memperoleh pembinaan religi yang mapan dan terencana dengan baik, dibalik kegersangan kurikulum pendidikan nasional kita.

Setelah pelatihan selesai, malam setelah Shalat Isya, rumah/ wisma tempat saya nginap didatangi oleh 4 orang siswi, yang dengan wajah lugu dan ceria mendatangi ustadzah pembina wisma, dari percakapan saya dengar bahwa mereka berempat akan melakukan “setoran“…….!!!, sebagai orang biasa awalnya kita memperkirakan mungkin mereka akan menyetor sejenis uang pembinaan, uang private atau sejenisnya…. ternyata lagi-lagi itu adalah dugaan yang keliru. Yang dimaksud dengan setoran ini di sini adalah keempat siswi tadi “Menyetorkan Hafalan Ayat“, dan yang lebih menarik ternayat setiap tahun Sekolah ini menghasilkan “Hafidz” dan “Hafidzah” Qur’an dengan hafalan sejumlah Juz tertentu, ada yang pada saat naik kelas XI (Kelas 2 SMA), sudah hafal 10 Juz Qur’an…. MashaAllah…. Subhanallah…!!

Sebuah Catatan Kecil dari Kota Serambi Mekah

Satu Tanggapan

  1. Memang bgtu fakta yg berlaku di SMUNSA PAPA pak, kebetulan adk sy tamatan asrama sana mskipun msh kalah dr temannya yg hafal 10 juz alqur’an, dia bs hafal 1 juz al-qur’an. Wkt sy ksana menyaksikan siswa-siswi khatam hafal al-qur’an sy sgt terharu dan meneteskan air mata, ditambah lg cerita demi cerita yg mengalir dr adk sy mngenai segudang aktivitas n prestari anak asrama, sggh sy sgt iri… .. Sy sgt menyesal knp sy dulu jg tdk sekolah ksana…Yg menakjubkan skali angkatan dia wkt tu cm 1 org gak lulus PTN dan semuanya lls di PTN terkenal nasional n luar negri..masyaallah.. Semoga Bpk betah disana n mnjd ustadz baru bg adk2 kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: