Tips Membuat Theme pada WordPress

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tips-tips optimasi WordPress sebagai salah satu Blog engine yang sangat populer…!!! beberapa pertanyaan yang sering muncul dari beberapa pengunjung site ini, dan mahasiswa binaan dalam optimasi konten web, berkaitan dengan proses pengoptimalan engine wordpress, sehinga bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pengembang.

Hal awal yang mungkin menarik untuk kita kaji adalah bagaimana kita membangun theme dan plugins yang sesuai dan kita desain sendiri…?? menarik bukan? jika kemudian theme dan plugin yang telah kita bangun tersebut akhirnya dapat dinikmati oleh banyak orang dan di “sedekahkan” untuk semua pecinta WordPress….!!!

Beberapa tip yang ingin saya sampaikan di sini, adalah bagaimana kita dapat menghasilkn desain yang menarik, sementara bekal pemrograman php ataupun html dan CSS tidak memadai… mungkinkah hal ini dilakukan? Anggaplah saat ini saudara sebagai mahasiswa yang sangat lugu (istilah mas Romi SW), atau seseorang yeng kebetulan kecantol dengan WordPress karena sifat instannya yang luaaaarrr….biasa!!, dapatkah berangan-angan untuk membuat theme dan plugin sendiri?… Jawabannya adalah… ini bukan angan-angan…tetapi dapat anda wujudkan dalam waktu singkat…sesingkat waktu yang anda sediakan untuk membaca serial tutorial wordpress ini.

Pengalaman saya membuktikan apa yang saya ungkapkan di atas dapat dibuktikan…. awalnya saya pusing untuk mencari referensi yang berkaitan dengan tutorial lengkap untuk membangun theme dan plugins pada WordPress, maka akhirnya keluarlah jurus pamungkas yang lumayan ampuh…. “Belajar dari yang telah ada“. Artinya kita cukup punya dua modal utama yaitu sebuah theme yang telah didownload yang akan dijadikan sebagai referensi, untuk itu carilah sebuah theme yang saudara anggap paling bagus untuk dijadikan bahan percobaan untuk dikutak-katik di localhost nantinya, silahkan kunjungi situs penyedia theme wordpress ini antara lain : http://themes.wordpress.net/, http://www.wpthemesfree.com/, dan lain-lain, setidaknya tanyakan saja sama mbah Google . Kedua kita mempunyai sebuah php editor, misalnya Dreamweaver, PHPEditor, dll.

Setelah kedua modal utama tersebut diperoleh, maka selanjutnya silahkan instal wordpress dan server Xampp pada local host (lihat Instalasi WordPress dan Server Xampp), dan mulailah untuk mengadakan perubahan setahap demi stehap terhadap theme yang akan dijadikan theme percobaan, misalnya header, sidebar, footer, body dan sebagainya…. Bagaimana semua ini dilakukan? tuggu aja jam tayangnya….. huaahh.. udah jam pulang nih kayaknya…!!

3 Tanggapan

  1. hehehe…
    udah banyak afiliate nya nih pak,
    klo optimisasi wordpress mungkin dari penggunaan heading antara judul postingan sama heading sidebar pak,
    contohnya penggunaan h1 pada sidebar akan mempengaruhi indeks di google pak,
    bisa-bisa sidebar dulu yang ke indeks baru page nya😀
    trus penggunaan meta tag…

    yang penting sih penggunaan keyword pak

  2. di tunggu pak seri selanjutnya.
    BTW link back ciek pak.

  3. Assalamu’alaikum pa’ Adri… aku ikutan gabung ya?….
    untuk themes bisa juga di buat online dengan http://www.yvoschaap.com/wpthemegen/ walaupun jenisnya terbatas karena sifat instanya

    terus juga… kalo boleh saran justru lebih enak untuk blajar themes wp langsung online saja dengan fasilitas domain dan hosting (gratisan)… apalagi jika anda tau konsep bloger maka untuk edit atau development themes wordpress dari yang di install akan lebih mudah… (coz ini pernah di coba…aku juga pemula pengguna wordpress)….

    maaf sebelumnya kalau comment saya ga nyambung dan ga baik…..

    salam silaturahim…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: