Ternyata Panampilan itu Memang Perlu

Ini adalah suatu kejadian nyata yang saya alami yang teringat kembali…kok bisa..? Kebetulan sudah sekitar satu tahun yang lalu saya membeli sebuah buku motivasi “Financial Revolution” sebuah buku Best Seller yang ditulis oleh Tung Desem Waringin, First Motivator in Indonesia, selama itu buku ini menjadi inspirasi bagi saya dalam melakukan beberapa metoda pendekatan kepada audiens dalam suatu training, dengan menganggap peserta training sebagai firts costumer, sehingga kita akan menggunakan berbagai metoda yang tepat sesuai dengan tabiat dari audiens.. pendekatan “Sales Magic” yang diajarkan di dalam buku tersebut, sungguh berisi metoda-metoda yang dapat diimplementasikan pada berbagai bidang, tidak hanya dalam bidang sales, tetapi dalam bidang training dan pendidikan juga dapat diterapkan, slah satu bentuknya adalah Training “Teaching with Empathy” yang saya selenggarakan di Pesantren Serambi Mekah, September 2007 yang lalu, dengan menggunakan konsep-konsep Anthony Robin, Zig Ziglar dan tokoh Motivasi lainnya, maka pola training yang saya berikan kepada Guru-guru pesantren, telah membuka wawasan mereka bagaimana seharusnya kita melayani peserta didik, layaknya sebagai Customer kita, sehingga pendidik akan senantiasa untuk menjaga “relationship” yang baik dengan peserta didiknya.

Kebetulan buku ini saya beli dalam edisi lux Hard Cover, yang disertai dengan CD Audio, cuma sayang saya tidak ingat lagi dimana CD Audio ini saya simpan, semua koleksi CD SOftware dan Audio yang saya miliki udah periksa, namun akhirnya tidak saya temukan, sampai akhirnya CD Audio tersebut saya temukan di kampung halaman, saya baru ingat, karena sewaktu selesai Training di Pesantren Serambi Mekah saya langsung melanjutkan perjalan ke kampung halaman, sebuah negeri kecil di pinggir danau Singkarak, Saningbakar, itulah namanya dan memutar CD tersebut sambil tidur-tiduran, hingga akhirnya kelupaan untuk membawa kembali ke Padang.

Dengan saya temukan kembali CD Audio Tung Desem Waringin, satu persatu saya putar kembali CD Audio tersebut, yang terdiri dari 2 CD Audio, yaitu CD Financial Reolution dan CD Sales Magic, ditengah mendengarkan CD inilah akhirnya ide untuk mengungkapkan kisah ini muncul, pada saat Mr. Tung bercerita tentang pentingnya arti sebuah penampilan dalam melakukan sales, apalagi kalau berharap akan terjadi Sales Magic, dan bahwa ternyata penampilan tersebut memang penting.

Pada tanggal 10 Desember 2007 yang lalu, saya diminta untuk mewakili Ketua Jurusan Teknik Elektornika FT UNP Padang, sebagai pemakalah dalam Seminar Tentang ICT dalam dunia Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Sumatera Barat, dengan pusat paparan saya berkaitan dengan “How to Sale our Tourism to The World with ICT“, karena dari beberapa daerah yang menjadi tujuan wisata yang pernah saya kunjungi, sebutlah Bali, Jogjakarta, Puncak Bogor, Pantai Anyer, Tawangmangu – Solo,dan banyak daerah lainnya, menurut pandangan mata yang saya miliki, alam Sumatera Barat jauh lebih indah dan kaya potensi wisata alam yang sungguh luar biasa, cuma kekurangan yang kita miliki adalah dari sisi informasi potensi ini yang tidak terdistribusikan dengan baik, padahal dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ada hari ini, semuanya itu sangat mungkin untuk dilakukan secara mudah.
Beberapa saran pemanfaatan ICT ini yang saya paparkan saat itu adalah :

  1.  
    1. Pamanfaatan teknologi web/ internet sebagai sarana Promosi Wisata, saat ini beberapa web tersedia, namun kebanyakan yang ada masih dalam bahasa Indonesia, dan dibangun oleh perorangan/ perusahaan yang bergerak dibidang ini, sehingga wajar kalau wisatawannya adalah wisatawa lokal, misalnya, adanya Sistem Informasi Wisata di Sumatera Barat, yang sekaligus dilengkapi dengan informasi sarana penunjang seperti, penginapan, hotel,transportasi dan kekhasan yang dimiliki oleh suau objek wisata.
    2. Pemanfaatan Paket Multimedia, berisi paparan tentang potensi wisata, misalnya dalam bentuk VCD, dan DVD, seperti yang telah dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Pesisir Selatan “Negeri Sejuta Pesona”
    3. Pemanfaatan CD Interaktif, sehingga melibatkan interaksi user untuk memilih dan melihat potensi wisata yang ada di Sumatera Barat.
    4. Pengembangan aplikasi “Tourism based on GIS (Geographical Information System)”, yang berisi peta potensi objek wisata di Sumatera Barat.

Keempat komponen tersebut, dapat dikembangkan dan dikelola secara baik oleh Dinas Pariwisata Sumatera Barat, dan didistribusikan ke semua negara sahabat, tapi jangan lupa, untuk dibangun dalam dua versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Akhirnya pemaparan makalahpun selesai, yang diikuti dengan aplaus dari semua peserta, dan time to go home is coming.

Saya diantar oleh Ketua Penyelenggara, saya masih ingat nama beliau “Pak Mul”, hingga ke depan parkir Hotel, dan di sana beliau menanyakan “Mobil Pak Adri, parkir dimana..?”, kaget juga saya akhirnya..karena pada saat datang, saya pake Sepeda Motor, dilihat oleh peserta dan sebagian panitia yang menunggu kedatangan saya sebagai pemakalah…, akhirnya konsep bahwa penampilan itu perlu terbukti juga… karena mungkin saja dari apa yang saya uraikan di seminar, peserta menganggap bahwa saya mempunyai penghasilan yang layak dari dunia ICT… he..he..!  

Akhirnya..mudah-mudahan ini akan menjadi pemicu bagi kedatangan rezeki yang lebih baik dari atas sana. Amin
  

3 Tanggapan

  1. Salam, gmn kabar INHERENT di tempat Bapak, lama kita gak jumpa, saya membaca artikel Pak Adrim sangat enak dibaca dan mengasai sekali teknisnya…

  2. wah.., pengalaman yang bagus sekali pak, saya sangat setuju dan sependapat dengan bapak, saya juga sangat menyukai sumbar, daerah yang indah dan udaranya masih sejuk, walaupun belum seluruh pariwisata yang ada di Sumbar saya kunjungi, tetapi itu sudah indah bagi saya, kebetulan kampung saya di Padang Panjang, setiap saya berdiri didepan rumah di pagi atau sore hari dan menatap indahnya puncak gunung merapi, membuat hati saya selalu bahagia, beberapa hari yang lalu saya pernah kepikiran untung merancang sebuah web tentang sumbar, tapi apalah daya pak, ilmu saya masih secuil, jd saya urungkan niat itu dan terus belajar banyak untuk membuat sebuah website tersebut, kalau saya bisa g’ y seperti bapak.., doa kan y pak.., dan saya juga doakan semoga roda dua bapak itu akan menjadi roda empat.., he..he..insyaAllah..,Amin…., Hidup Sumbar…

  3. Sir, may i borrow and copy the audio cd from u?
    thank’s
    .::BWT::.

Tinggalkan Balasan

