Materi 5. Keamanan Komputer

Pada materi 5 ini, kita mulai membahas konsep dasar criptografi konvensioanl berbasis teknologi komputer dan algoritma komputasi modern. Pada materi ini diawali dengan konsep dimensi independen yang mempengaruhi suatu metoda kirptografi. Ketiga dimensi independen ini antara lain : a) Jenis operasi yang digunakan untuk mengubah plainteks menjadi chiperteks, secara garis besar oprasi ini dikenal dalam dua bentuk, yaitu : Substitusi dan Transposisi, kemudian dimensi yang ke dua adalah b) Jumlah kunci yang digunakan, yang dapat dikategorikan menjadi 1) single key, secret key, symetrical key encryption dan 2) Two key, public key encryption, kemudian dimensi c) Metoda yang digunakan untuk memproses plainteks, apakah Pemrosesan secara Block Chiper atau Stream ChiperPada bagian pertama materi ini, kita akan mengenal konsep algoritma kriptografi pertama, yang diperkenalkan oleh Feistel yang kemudian sering juga disebut dengan Feistel Chiper. Fesitel chiper mempunyai struktur yang terdiri dari :

  1. Ukuran Blok (Block size): semakin besar ukuran blok, berarti semakin kuat sekuriktinya.
  2. Ukuran Kunci (Key Size): Semakin besar ukuran kunci, bermakna semakin kuat sekuritasnya
  3. Jumlah perulangan fungsi Feistel (Number of rounds): semakin banyak jumlah perulangan (multiple rounds) bedampak terhadap meningkatnya sekuriti
  4. Algoritma Pembangkit Subkey (Subkey generation algorithm) : semakin kompleks algoritma yang digunakan, maka semakin tinggi tingkat kesulitan menganalisnya (cryptanalis)
  5. Fast software encryption/decryption: Kecepatan eksekusi algoritma

Selngkapnya silahkan download di sini : Materi 5. Kemanan Komputer (Materi Dasar) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: