Program Pendampingan ICT KKG/ MGMP se Sumatera Barat

Akhirnya perjuangan dalam menyusun proposal program Block Grant ICT KKG/MGMP terbayar sudah, setelah melalui pembahasan dan diskuisi dengan Direktorat PMPTK Diknas di Jakarta, sejak 30 Juni 2008 kemaren, maka pada hari ini 2 Juli 2008 Proposal dan anggaran pembiayaan kegiatan yang diusulkan diterima oleh tim pembahas dari PMPTK.

Tujuan program ini dalam rangka untuk proses diseminasi dan implementasi pemanfaatan ICT dalam pembelajaran di level pendidikan dasar dan menengah, yang merupakan salah satu program yang dikembangkan untuk menyempurnakan pemanfaaan Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas) dengan pengembangan konten oleh guru-guru di seluruh Indonesia.

Program ini diimplementasikan untuk seluruh wilayah Indonesia, dan khusus untuk Sumatera Barat, telah ditetapkan sebanyak 7 kabupaten yang dikategorikan sebagai kabupaten daerah tertinggal/ terpencil yang akan menjadi target program Block Grant ICT KKG/ MGMP ini.

Tujuh kabupaten tersebut antara lain :
1. Kabupaten Pasaman Barat
2. Kabupaten Dhamasraya
3. Kabupaten Solok Selatan
4. Kabupaten Solok
5. Kabupaten Sawahlunto/ Sijunjung
6. Kabupaten Pasaman
7. Kabupaten Kep. Mentawai

Masing-masing kabupaten terdiri dari 5 titik program, yaitu 1 titik KKG, 3 titik MGMP SMP dan 1 titik MGMP SMA, masing-masing titik memperoleh kesempatan untuk mengirimkan 6 orang guru yang di training di FT UNP sebagai penyelenggara kegiatan Block Grant ICT KKG/MGMP 2008. Dengan demikian, masing-masing kabupaten mengirim peserta sebanyak 30 orang guru, yang terdiri dari 6 orang guru KKG, 18 orang guru MGMP-SMP dan 6 orang guru MGMP -SMA.

Jumlah keseluruhan peserta adalah 210 orang guru yang terdiri dari 42 orang guru KKG, 126 orang guru MGMP – SMP dan 42 orang guru dari MGMP SMA.

Fasilitas yang diperoleh masing-masing peserta adalah :
1. Sertifikat Internasional dari Intel
2. Sertifikat dari FT UNP Padang
3. Sebuah Laptop untuk penggunaan pribadi (bukan sekolah)
4. Uang Saku dan akomodasi selama pelatihan

Peserta yang telah memperoleh pelatihan, disebut sebagai MT (Master Teacher), dan kepada masing-masing MT disamping memperoleh fasilitas tersebut diberikan kewajiban untuk menelorkan dan menularkan ilmu dan keterampilannya kepada 6 orang rekan seprofesi yang disebut sebagai PT (Partcipant Teacher).

Bagaimana proses pemilihan calon peserta training? barangkali ini akan menjadi pertanyaan bagi KKG/ MGMP yang akan terlibat seperti pada daftar kabupaten yang telah disebutkan di atas.

Proses pemilihan KKG/ MGMP – SMP dan MGMP – SMA yang akan menjadi peserta training, dipilih berdasarkan keaktifan KKG dan MGMP tersebut yang diseleksi melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat, dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten, kemudia berdasarkan data rangking aktifitas masing-masing KKG/ MGMP-SMP/ MGMP-SMA, panitia akan menetapkap KKG/ MGMP-SMP/ MGMP-SMA mana yang akan dinyatakan lolos sebagai peserta pelatihan Block Grant untuk setiap kabupatennya. Setelah ditetapkan maka kemudian masing-masing guru tersebut (Master Teacher) menyerahkan daftar 6 orang rekan seprofesi yang akan menjadi parcipant teacher, dan untuk daftar PT ini tidak boleh ada nama yang sama didaftarkan oleh MT yang berbeda. Semua daftar nama tersebut baik MT maupun PT telah diterima oleh Panitia Penyelenggara FT UNP Padang, sebelum kegiatan Training MT dilaksanakan (Agustus 08).

Kontak untuk Program ini :
1. Drs. Ganefri, M.Pd pada ganefri@ft.unp.ac.id
2. Muhammad Adri, S.Pd, MT pada mhd.adri@unp.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: