Training Senior Teacher (ST) Intel Education

Salah satu bentuk social responsibility dari Intel dalam mengembangkan pendidikan berbasis ICT dengan mengembangkan suatu model Intel Education Curriculum, yang ditujukan bagi pengembangan kemampuan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran bagi tenaga edukasi di seluruh dunia. Beberapa negara Asia telah sukses dalam meningkatkan teknologi ICT dalam pendidikan melalui kurikulum ini, seperti India dan China, yang telah mengadopsi model Intel Education Curricula bagi seluruh tenaga edukasi-nya sejak tahun 2000. 

Beberapa negara Asia tenggara seperti Singapore, Malaysia, Philiphine dan Vietnam juga telah menggunakan sistem edukasi Intel ini di dalam pendidikannya, dan saat ini menjadi negara-negara pioner dalam pengembangan ICT di Asia tenggara.

Dengan digalakkannya penyelenggaraan pendidikan berbasis ICT di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini, Depdiknas dalam hal ini Dirjen PMPTK  (Peningkatana Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) menjalin kerjasama dengan Intel Education dalam melakukan pelatihan bagi tenaga pendidik (guru) di seluruh Indonesia, dalam bentuk training Senior Teacher (ST), Master Teacher (MT) dan Participant Teacher (PT).

Untuk penyelenggaraanya, dilakukan dalam bentuk Block Grant ICT KKG/MGMP 2008, dan Fakultas Teknik UNP Padang, dipercaya sebagai salah satu penyelenggara Block Grant tersebut. Implementasinya diwujudkan dalam bentuk kerjasama antara Perguruan Tinggi penyelenggara dan LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) di masing-masing propinsi.

Tahap awal dilakukan pelatihan terhadap Senior Teacher yang terdiri dari 3 orang di tiap-tiap propinsi, 2 orang berasal PT dan 1 orang dari LPMP, dan hari ini (19/08/08) adalah hari pertama training bagi ST angkatan I.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: