Mastering E-Learning : Bangun sistem e-Learning hanya 1 hari

Ini adalah rencana buku kedua saya yang akan diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo…. ibarat api yang lagi membara, maka semangat saya untuk menulis buku ini tengah menggebu pada suhu 100 C, sehingga sulit untuk ditahan apalagi dihambat…sehingga dalam waktu 1 minggu satu set buku yang memberikan tutorial praktis bagi pembaca dalam membangun sebuah Learning Management System (LMS) dapat terselesaikan, bersamaan dengan berbagai aktifitas dan kesibukan lain yang harus juga dituntaskan… khususnya tentu yang berkaitan dengan pelaksanaan Block Grant ICT 2008 yang saya kelola di FT UNP Padang, dan persiapan melanjutkan studi ke University of London, di Institue of Education (IOE) pada fakultas Culture and Pedagogy dalam program Sanwich Visiting Scholar yang di danai oleh DIKTI Departemen Pendidikan Nasional. 

Siapa bilang bahwa membangun sebuah LMS itu sulit dan susah? jika anda merupakan seorang yang menghargai pemikiran dan hasil karya orang lain dalam dunia software engineering, maka meilih kiblat ke Open Source adalah salah satu solusi agar tidak memperoleh calaka nantinya akibta pelanggaran copyright…!!!

Buku ini memandu anda (pembaca) dalam secara bertahap dalam membangun sebuah e-Learning di lembaga pendidikan… terus terang aja, usaha ini saya lakukan awalnya merupakan pelampiasan atas kekecewaan saya terhadap kebijakan ICT di kampus saya yang lebih senang menghamburkan uang untuk membeli software “Macromedia Breeze”, dengan harga ratusan Juta Rupiah (kalo saya tidak salah sekitar Rp. 120 Juta) yang hingga hari ini masih utuh tersimpan di dalam almari Software tanpa ada seorangpun yang dapat memanfaatkannya untuk menunjang sistem e-Learning di kampus ini. Walupun sudah ada tokoh sentral ICT yang ditraining untuk memenuhi kebutuhan itu….!

Akhirnya, pengalaman saya dalam membangun LMS berbasis Open Source. saya putuskan untuk mulai saya implementasikan untuk kebutuhan pada level terendah di universitas, yaitu Jurusan Teknik Elektronika dan Fakultas Teknik, dan ternyata hasilnya luar biasa… semua fasilitas penyelenggaraan pembelajaran online tersedia di dalam sistem ini, tinggal bagaimana kita mengoptimasinya.

Rasa puas tidak datang dengan segera…maka pada akhirnya saya memutuskan untuk berbagi pengelaman dengan semua tenaga edukasi di tanah air ini dalam membangun sistem e-learning, melalui sebuah buku tutorial praktis : Mastering E-Learning

Terima kasih kepada Mas Pratisto dan Mas Vincent atas segala bantuan dan kesediaanya dalam menampung aspirasi penulisnya, sehingga menjadi bara api yang senantiasa menyala untuk menghasilkan karya terbaik bagi Elexmedia Komputindo dan kemajuan IT di tanah air khususnya.

Special Thanks to Anton Hilman, seorang mahasiswa saya yang gila IT, atas desain covernya yang harus di re-touch kembali…agar sesuai dengan tema buku ini.

Tinggalkan Balasan

