First Day : The Longest Night

Perjalanan dinas dalam rangka “Ph.D Mentoring Programme” di Institute of Education, University of London, di awali dari  Bandara Soekarno Hatta pada jam 17.00 WIB menuju Changi Airport Singapore jam 21.00 Waktu Singapore, kemudian istirahat transit hingga jam 22.55. Tepat jam 22.30 semua penumpang British Airways dengan nomor penerbangan BA 12 dengan Boeing 777, yang merupakan pesawat jumbo terbesar yang pernah saya naiki.

Jarak jempuh penerbangan dari Changi Airport menuju Heathrow London yang cukup panjang, kurang lebih selama 13 jam perjalanan, memang merupakan jarak tempuh yang sangat jauh dan cukup melelahkan, but the journey must began…!. Untungnya pada masing-masing bangku penumpang terdapat media entertainment yang cukup lengkap, dilengkapi dengan satu set LCD TV Touch Screen, Headphone, Remote Control Entertain Menu dan selimut hangat sebagai teman perjalanan. Suhu ruangan lumayan adem untuk ukuran udara bagi seorang yang berasal dari daerah tropis, tapi suhu di luar ruangan yang tertera pada layar LCD TV berkisar antara – 63 C sampai dg – 23 C, maklum perjalan ditempuh pada malam hari dengan ketinggian 33000 kaki.

Untuk mengisi keheningan perjalanan, akhirnya tangan elektronika mulai bergerak untuk mengutak-atik fasilitas audio video yang ada, yang diawali dengan mendengarkan beberapa musik klasik karya Vivaldi dan Mozart… namun ternyata setelah 2 jam perjalanan dari Singpore, mata yang letih inipun tidak kunjung redup… finally I choose one of box office movie yang lagi main di bioskop ternama di Jakarta.  

Beberapa New Release Movie yang tersedia pada entertainment media antara lain : Hancock, Hulk : The Incredible, Indiana Jones dan sebuah film lama yang kebetulan memang belum sempat di tonton : Kungfu Panda.

Untuk mengisi waktu luang yang ada dalam perjalanan yang cukup panjang, sementara sang matapun tidak mau diajak kompromi untuk istirahat, kali aja karena masih ada jiwa resah dan gelisah dalam perjalanan yang jauh, meninggalkan keluarga, pekerjaan yang masih terbengkalai dan banyak hal lainnya yang membuat mata susah untuk di rapatkan, maka akhirnya satu persatu film yang tersedia mulai di cicipi, yang diawali dengan film New release Hancock, yang dibintangi oleh Will Smith. Sedikit kisah, fil ini bercerita tentang seorang pemuda yang mempunyai kekuatan super, namun dengan emosional yang tidak stabil, sehingga kekuatan yang dimilikinya sering menimbulkan kegaduhan dan kehebohan bagi masyarakat yang ada disekitarnya, karena jika berlari akan mengakibatkan jalanan akan bablas, gedung-gedung yang disenggol, akan hancur berantakan, pokoknya bikin kacau warga kota… sampai akhirnya seluruh masyarakat demo dan minta kepada Hancock untuk menyerahkan diri baik-baik, karena aparat keamananpun tidak dapat berbuat banyak untuk menangkap seorang Hancock. Akhirnya Hancockpun berkenalan dengan seorang Lawyer, yang berhasil membujuknya untuk menyerahkan diri kepada aparat keamanan setempat, walaupun sesungguhnya dengan kekuatan yang dimilikinya dinding tahanan dengan mudah dapat dihancurkannya.

Ternyata, tanpa sepengetahuan sang pengacara, isterinya sendiripun mempunyai kekuatan yang sama dengan Hancock dan Hancock berusaha untuk mengerjai isteri pengacara tersebut dihadapan suaminya, dengan tujuan bahwa bukan hanya Hancock sendiri yang memiliki kekuatan super tetapi masih terdapat some body else, yaitu isteri sanga pengacara… disinilah konflik mulai muncul… pokoknya seru deh….!!

Kemudian setelah selesai nonton film Hancock, dilanjutnya dengan film Hulk terbaru Hulk : The Incredible, Indiana Jones dan Kungfu Panda, yang akhirnya berhasil membuat mata ini menjadi lelah… dan tertidur nyenyak selama 6 jam kemudian.

6 Tanggapan

  1. salam kenal pak Adri.

    Salut pak Adri…
    saya pertama kenal bapak lewat tulisan bpk di ilmu komputer berjudul goblog itu..

    he..he..saya guru lho pak, tapi mudah2 an nggak goblok tapi yg jelas sudah go blog.

    please visit my blog http://subkioke.wordpress.com

    saya pribadi tertarik baca cerita bapak ini tentang perjalanan studi bapak ke London.

    Saya sih masih mimpi aja pak. kepingin sekali sih ngelanjutkan S2 luar negeri tapi blum ada nasib.

    boleh dong pak sharing tips triknya.

  2. Terima kasih pak Subki, semoga kita sama-sama berjuang dalam memajukan pendidikan TI di tanah air kita. Tentang tutorial yang saya tulis di IKC, saat ini sudah menjadi buku dibawah penerbit Elexmedia, selengkapnya silahkan kunjungi : http://muhammadadri.net/2008/09/19/guru-go-blog-perfectly-guide-bagi-guru-dalam-ber-wordpress/

  3. pertanyaan bodoh ciek pak, “baa sholat nyo tu pak?” hehehe

    hawa di london baa pak? wew film keren2 mah pak. kl wak pasti dak lalok tu do. sampai ngecek k pramugarinyo “anything else..?” hhahaha… eh pramugari bule tupak?kalo sebaris 10 kursi bisa main bola tu pak kekekehheheh

  4. Assalamu’alaikum brother!

    Ambo kiro indak sempat lai manulis di blog, sebab ambo caliak alah 2 minggu vakum.
    ba a kaba disinan? lai sehat se?
    lai indak kanai panyakik home sick?

    wassalam.

  5. Waktu shalat di London, dalam saminggu bisa beda-beda Anton, misalnya kini Sholat Subuh jam 5.57, Zuhur 12.55, Ashar 16.02, Magrib 17.55, Isya 19.44, tapi nanti mulai tanggal 26 Okt masuk Winter, waktu siang manjadi lebih pendek, Subuhnya jam 4.50, Zuhur 11.49, Ashar 14.54, Magrib 16.47 dan Isya 18.37. Aneh kan? tapi begitulah adanya, sehingga ada teman bergurau,mendingan puasa saat itu karena nahannya hanya 9 jam aja.. hee..he!
    Ketika minta tambah ke pramugari, paling aman minta kopi, teh atau susu… karena lebih familiar dengan lidah, ada juz asam, tapi rasanya pahit…kali aja bikin juz sekalian ama kulitnya…

  6. Alhamdulillah baik, gimana kabar di KL? sehat aja kan pak Khairi? pak Anwar gimana? Sorry..memang off selama 2 minggu kemaren karena susah nayri koneksi,mau broadband harus langganan bulanan, minimal satu tahun tapi notebooknya free, sementara kita di London cuma 3 bulan. Nyari warnet susuahnya minta ampun, akhirnya nunggu Student Card dari University of London baru bisa surfing lagi….!!, makanya tulisannya menjadi mundur..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: