How to Travel in London – My Travel Card Id

The City of Electronic System…. barangkali inilah ungkapan pertama saya pada saat mulai jalan-jalan menikmati kota London. Dan sistem ini mulai dimanfaatkan sejak menempati rumah yang kami sewa selama 3 bulan di  Woodside Park Avenue N12 No. 18, North London, sejak pindah dari Student Residence di John Adams Hall, Ensleight Street, dengan jarak waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan underground Northern Line ke Station Euston, terminal terdekat ke University of London atau sekitar 60 menit jika menggunakan bus dari North Finchley Station ke Gower Street.

Bagaimana travelling di kota London? barangkali  melalui tulisan singkat ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman dengan teman-teman di Tanah Air, mana tahu ada yang memperoleh kesempatan yang sama untuk studi lanjut di kota London….!!

Perjalan kita di kota London di fasilitasi dengan kartu yang disebut dengan Travel Card, yang akan menjadi sarana transaksi calon penumpang dengan armada angkutan umum yang akan digunakannnya, kecuali taksi “must pay by cash…!!“. Sebagai sebuah kota mentropolitan dunia, saya sangat salut dengan London, tidak ada istilah “macet” di sini… karena tata aturan lalulintas dan kebijakan transportasi berjalan dengan baik dan pelaku transpotasinya pun mempunyai komitmen yang tinggi dalam menjalani aturan tersebut, sehingga untuk menghindari terjadinya kesalahan “oknum  – sebuah istilah yang sering digunakan penegak hukum”, maka semua transaksi transportasi dilakukan dengan mesin (bussiness flow of transportation by machine) dan dikelola oleh lembaga transportasi nasional yang disebut dengan Transport for London. Sehingga tidak ada armada angkutan umum yang dikelola oleh perusahaan perorangan (PO) ataupun koperasi tertentu kecuali “Taksi”, sehingga kita tidak akan melihat ada angkot, bus kota bersileweran seenaknya dalam kota, saya kira ini layak untuk di tiru oleh Jakarta yang kita cintai… dan layak bagi anggota Dewan kita untuk studi banding bersama dengan Departemen perhubungan, khususnya direktorat perhubungan darat tentang tata kelola transportasi publik.

Bagaimana Travel card bekerja?

Travel card dapat dibuat untuk dua kebutuhan transportasi :

  1. Travel Card Bus, travel card ini hanya dapat digunakan untuk perjalanan dengan armada angkutan bus umum.
  2. Travel Card Tube/ Underground, travel card ini dapat digunakan untuk perjalanan dengan menggunakan kereta listrik (tube) atau kereta bawah tanah (underground), namun dapat juga sekaligus digunakan untuk armada bus secara bebas.

Secara fisik kedua jebis kartu tersebut tidak akan tampak berbeda, karena masih menggunakan travel card yang sama, namun data transaksi akan disimpan di dalam sistem informasi transportasi secara otomatis…. sekali lagi karena semua transaksi dilakukan dengan electronic devices, sehingga jika sebuah travel card bus digunakan untuk underground maka alarm pada station atau information bar pada passenger gate akan menampilkan informasi “seek assistance“, yang artinya si empunya kartu harus meminta bantuan petugas untuk bisa melewati passenger gate tersebut dengan terlebih dahulu harus membayar top up pinalty sebesar 1 Pound, sebagai ongkos tambahan dari bus ke train.  Namun sebaliknya jika pemegang kartu underground akan travelling dengan bus…. there is no problems…!!.

Satu pengalaman penting yang dapat di catat di sini adalah… anda tidak akan pernah kesasar di London…karena kemanapun anda berjalan selalu tersedia peta Transport for London tetapi akan lebih baik jika anda mengantungi sebuah travel map untuk Tube Map (underground) dan Bus Map.

Secara garis besar travel card di London, dari sisi usia pemakaian dapat dikategorikan sebagai berikut :

  1. One Day Travel Card, kartu ini adalah kartu yang hanya berlaku selama satu hari penuh, sejak jam pembelian hingga jam 04.00 pagi. Jika anda memilih One Day Travel Card Underground, berharga 5,90 Pound (setara dengan Rp. 100 rb-an), sedangkan jika yang dibeli One Day Travel Card Bus Only, berharga 3 Pound (setara Rp. 50 rb-an). Memang terasa mahal bagi kita, tapi perlu diingat harga tersebut adalah pembelian pada jam off-peak, mulai jam 09.30 pagi, jika dibeli pada jam peak 05.45 – 09.30 pagi (jam sibuk keberangkatan kerja), One Day Travel Card Underground akan berharga 9.90 Pound (setara Rp. 175 rb-an). Keuntungannya berapa kalipun anda naik turun tube ataupun bus selama pada hari yang sama maka tidak akan ada tambahan biaya apapun.
  2. One Week Travel Card, secara fungsi hampir sama dengan One Day Travel Card, kecuali masa berlaku menjadi selama satu minggu perjalanan.
  3. One Month Travel Card (menggunakan Oyster Card), dan kartu ini berlaku untuk selama satu bulan perjalanan, tapi sudah dalam bentuk kartu dengan desain seperti kartu ATM/ Credit Card.
  4. Top Up Travel Card (menggunakan Oyster Card), kartu yang digunakan masih sama dengan kartu Oyster Card, hanya saja ini merupakan pilihan bagi penggunak jasa transportasi London yang mungkin saja tidak akan beraktifitas travelling setiap hari. Pada model Top-Up proses transaksinya sama dengan sistem deposit pulsa HP di negeri, kita Top-Up 10 Pound, maka deposit kita secara otomatis akan berkurang sejalan dengan kuantitas perjalanan yang dilakukan. Pada model Top-Up ini, sekali naik bus akan dikenai transaksi 0.99 Pound, sedangkan naik tube akan dikenai 1,99 Pound.

Pilihan ada di tangan anda… maupun One Day Travel Card, One Week, One Month atau Top-Up, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget di kantong anda…!

Bagaimana menggunakan Travel Card? 

  1. Jika anda memilih kartu One Day atau One Week, maka anda harus memasukkannya ke dalam slot (Card bay) yang terdapat di depan passenger gate underground atau cukup dengan memperlihatkan tanggal valid ke sopir bus pada saat naik bus.
  2. Jiak anda memilih One Month atau Top-Up Oyster Card, maka anda cukup menyentuhkan kartu tersebut ke magnetic electronic machine untuk memproses transaksi transportasi anda.

More detail picture of London Travel Card and Tube Map, please visit : http://picasaweb.google.com/mhd.adri

Satu Tanggapan

  1. wow, nice, helpful and informative article. I’ll be in London in short time later. This is really informative as a beginning.. thanks pak Adri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: