Tes CPNS di Lingkungan Pemerintah RI Tahun 2008

Beberapa dekade yang lalu, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah opsi pekerjaan anak bawang yang hanya akan dipilih oleh seorang fresh graduate dikala sudah tidak ada lagi pilihan lain, setelah nganggur sekian tahun dan mulai linglung tak ketulungan….

Namun ibarat pepatah orang tua… hidup itu ibarat roda, sekali di atas sekali di bawah, selama roda kehidupan masih bergulir, maka perubahan pasti akan senantiasa terjadi….akhirnya PNS menjadi salah satu pekerjaan primadona saat ini.

Bagaimana tidak… ditengah krisis berkepanjangan yang tidak jelas entah sampai kapan ini akan berakhir, lapangan pekerjaan semakin sempit, beban hidup yang cendrung bertambah…. yang akhirnya membuat semua orang tidak ingin berjudi lagi nasib dan pekerjaan…, dilihat di sisi lain, mereka yang telah lama menjadi PNS, ditengah krisis menghantam, masih tetap terlihat stabil dan tidak tergoyahkan oleh hempasan badai perekonomian yang makin menggila.. walaupun sebenarnya semua mereka juga mengeluh, namun satu hal yang pasti, setiap awal bulan secercah cahaya kegembiraan tampak bersinar di wajah-wajah mereka yang lelah….!!

Walau sesungguhnya untuk tetap eksis dan dapur tetap berasap berbagai cara yang halal mereka tempuh, mulai dari menambah pendapatan sampingan dengan berdagang, menjadi honorer di beberapa tempat kerja swasta (part time job), hingga mengadu nasih ke orang tua tulen para PNS “B A N K” dengan menitipkan surat berharga sebagai bukti PNS yang mereka miliki.

Mejadi PNS akhirnya menggiurkan semua orang, hampir setiap tahun, jutaan orang berjubel di lokasi pendaftaran CPNS di berbagai instansi pemerintah baik skala Pemerintahan Kabupaten/ Kota, Pemerintahan Propinsi, Pemerintahan Pusat maupun Departemen-departemen dan  BUMN, namun perlu diingat bahwa bagaimanapun daya tampung penerimaan sangat terbatas… oleh karena itu proses seleksi akan menjadi sangat ketat.

Dengan demikian, jika anda sudah tahu bahwa proses seleksi sangat ketat yang akan anda lalui, maka persiapkanlah diri anda sejak dini, agar cita-cita dan harapan anda untuk menjadi PNS akan dapat terwujud, dan menjadi PNS yang baik, yang akan menunaikan tugasnya dengan penuh tanggung jawab…jangan menambah daftar hitam perilaku tidak baik dari PNS yang telah ada selama ini.

2 Tanggapan

  1. makasih banget mas adry yah dengan soal-soalnya moga amal baiknya diterima disisi Allah SWT amiiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: