Etika Ber-Blog

Blog adalah sarana untuk dapat mencurahkan pemikiran dan ide-ide kreatif untuk dapat berbagi pemikiran dan pengalaman dengan orang lain, sehingga terjadi blog community yang positif.  Oleh karena itu sangatlah penting untuk memulai aktifitas blog dengan menghargai pemikiran orang lain, walaupun pemikiran dan tulisan tersebut se-ide dengan pemikiran yang kita miliki.

Karena perlu diingat… seseorang yang dengan tengan terbuka berbagi pemikiran dengan anda adalah suatu hal yang sangat mulia…oleh karena itu rasanya akan sangat naif,  jika kemudian pada saat anda mulai beraktifitas blog, dengan mengandalkan pemikiran orang lain…!!

Barangkali akan lebih mulia, jika sekiranya memang belum ada pemikiran dengan ide yang cemerlang untuk dikemukakan di blog, (tetapi kemudian ada ide dan tulisan blog yang dianggap bagus…sehingga anda berminat untuk menyadur tulisan yang ada… saya rasa tidak ada persoalan sejauh ini), anda memperoleh izin dari yang punya sumber pemikiran terlebih dahulu.

Kalaupun memang anda telah diizinkan oleh siempunya blog, silahkan sadur tulisan yang telah diizinkan, sehingga anda akan menjadi orang sangat arif, tetapi jika kemudian untuk mengisi blog anda, anda hanya mengkopi semua isi blog yang akan di sadur, ini bukanlah suatu keputusan yang bijak…justru pemikiran dan ide-ide tulisan anda tidak akan pernah berkembang, dan anda akan tetap tidak mempunyai keinginan untuk memulai tulisan yang baru….!!!

AbdulKamid adalah salah satu contoh blog yang saya maksud…, ketika saya mencoba memeriksa komentar yang masuk hari ini, ternyata terdapat sebuah link baru ke sebuah Blog yang kayaknya barusan di buat… kemudian saya tetap meng-approve komen tersebut, tetapi ketika link dokumen saya buka… ternyata semua isi dokumen yang ada di dalam blog tersebut adalah semua tulisan yang telah saya publikasikan di muhammaadri.net dan muhammadadri.wordpress.com.

Oleh sebab itu, sebagai sebuah saran bagi empunya blog abdulkamid, sebaiknya mulailah aktifitas berblog dengan sedikit beretika, agar kelak ide dan pemikiran anda di blog akan dihargai orang lain, walaupun secara prinsip anda telah membantu mempopulerkan tulisan-tulisan yang telah saya publikasikan, tetapi kapan lagi anda akan mempublikasikan pemikiran sendiri….!!!

Salam Komunitas Pencinta Blog

Muhammad Adri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: