Blended Learning sebagai Opsi Perbaikan Mutu Pendidikan

Akhirnya 26 Nopember 2008, tiba giliran saya untuk mempresentasikan Research Plan pada “Ph.D Mentoring Seminar Series” yang di hadiri oleh Prof. Paul Dowling dari University of London yang berlangsung di Room 826 Institute of Education, University of London. Research Plan ini adalah rencana penelitian yang akan saya kerjakan dalam penyelesaian “Doctoral Dissertasion” yang akan di garap nanti di tanah air.

Melihat fakta yang ada, bagaimana Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai hibah dan bantuan infrastruktur ICT bagi sekolah dan perguruan tinggi, dengan harapan agar semua lembaga pendidikan kita dapat berdiri setara dan “confidence” dalam mutu. Namun sejauh ini semua bantuan tersebut hanya menjadi “barang keramat” yang oleh sebagian pimpinan lembaga pendidikan menyatakan tidak boleh di pakai dengan alasan itu barang bantuan, nanti rusak….!!! 

Berbagai usaha perbaikan proses pembelajaran selama ini telah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komputer dan internet yang saat ini menjadi promadona, namun ternyata masih tetap terdapat berbagai kelemahan dari sistem pembelajaran berbantuan komputer, khususnya pengadaan fasilitas pada sisi maha/siswa. Sebutlah dengan pengembangan paket pembelajaran berbasis CD Multimedia Interaktif yang telah dikembangkan dalam beberapa topik mata kuliah, seperti : Jaringan Komputer, Organisasi dan Arsitektur Komputer, SIstem Operasi, Fisika Terapan dan beberapa animasi pendukung dalam proses pengajaran di kelas. Disamping itu juga telah dicoba dengan memanfaatkan teknologi online berbasis Weblog yang saya manfaatkan untuk mendistribusikan materi ajar kepada mahasiswa, namun tetap saja ada kelemahannya, terutama sulitnya dalam me-record aktifitas mahasiswa, kecuali bagi mereka yang dengan sukarela meninggalkan komentar di form komentar weblog.

Oleh karena itu, sesungguhnya adalah bagaimana kita memaknai ICT sebagai salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk “enrich and enhances teaching and learning process“, sehingga guru/ tenaga pendidik menjadi lebih kreatif dan terampil dalam melaksanakan tugasnya dan kewajibannya.

Penelitian yang akan saya lakukan bertemakan “Dampak Model Blended Learning terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Membangun Pengetahuannya“. Untuk lebih menfokuskan penelitian ini, studi kasus dilakukan  dalam salah satu mata kuliah yang saya bina : “Pengantar Jaringan Komputer” .

Selengkapnya silahan download : Bahan Presentasi Ph.D Mentoring Seminar Series – Adri

3 Tanggapan

  1. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://pendidikan.infogue.com/blended_learning_sebagai_opsi_perbaikan_mutu_pendidikan

  2. Mantap bos…
    Kayaknya kita bisa ber-kaloborasi.. Saya juga berencana mengejar cita-cita ke UKM. Research saya mengenai LO (Learning Object). More information please visit this URL : http://daniel.cite.hku.hk/lo/index.htm#

  3. By my pleasure mr. Rahmat Hidayat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: