Materi 2. Computer Vision – Image Acqusition

Pada materi ini kita akan mengupas lebih jauh tahapan awal dalam proses Computer Vision, yaitu tahapan image acquisition, sebagai tahap pengambilan data citra yang dilakukan oleh antarmuka/ sensor atau alat input berupa sebuah kamera video.

Pada proses image acquisition akan terdapat beberapa komponen yang terlibat secara langsung, sehingga sebuah data citra yang telah diambil dapat kemudian di olah oleh komputer, antara lain : Kamera video, Digital to Analog Converter, Memory (RAM Buffer). Masing-masing komponen ini akan dibahas lebih detail dalam tahapan pertama dari computer vision ini.

Kamera Video

Sebagai sebuha perangkat data input, maka kehadiran sebuah kamera video di dalam computer vision adalah satu kaharusan yang tidak dapat ditawar lagi keberadaannya, dan pada dasarnya terdapat dua jenis kamera video yang sering digunakan, atau tabung Vidikon dan CCD Kamera.

Analog to Digital Converter

ADC adalah salah satu nyawa dalam computer vision, karena sebagai sebuah alat input, kamera bekerja atas dasar sinyal listrik analog, sedangkan komputer bekerja atas dasar data biner (digital), maka oleh sebab itu, agar sebuah data inpout dari kamera dapat diolah oleh komputer, maka semua sinyal analog tersebut harus di konversi menjadi sinyal digital terlebih dahulu.

Random Access Memory (RAM)

RAM ini bukanla RAM yang digunakan pada komputer, tetapi merupakan sebuah RAM buffer yang berfungsi untuk menyimpan sementara semua aliran data biner dari ADC sebelum diproses oleh komputer.

Selengkapnya silahkan download di sini : Materi 2. Computer Vision

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: