Be a REALS man…!!! One Great Key to Survive – Part 1.

Kadang kala sering keinginan yang diharapkan tidak terwujud sesuai dengan harapan.. dan hal itu adalah suatu kejadian yang lumrah dalam hidup…!!! Namun kadangkala tidak semua orang siap dengan kondisi ini..?? Cukup banya bukti nyata dapat kita lihat di depan mata dan lingkungan kita….!!!

Sebagai contoh dasar, pada pesta demokrasi kemaren, yang benar-benar democrazy..??? One short word, but actual of reality of our democracy..!!. Betapa kesempatan lebar-labar yang dibuka oleh pemerintah untuk menjadi wakil rakyat, enar-benar membuat semua orang menjadi GILA…., sehingga ada yang lupa untuk introspeksi diri… apakah saya mempunyai kapasitas, kapabilitas, publisitas dan kestabilan mental untuk dapat unjuk gigi menjad salah seorang caleg…?? Yang penting..apa peluang yang ada di depan mata..sikat habis, mumpung ada kesempatan…!! inilah sifat dan tabiat manusia yang sangat disenangi dan digandrungi oleh musuh nyata manusia, namun tidak nyata…syetan…!!! agar semua manusia menjadi lupa diri.

Secara statistik dasar, untuk Sumatera Barat terdapat kurang lebih 140.000 Caleg dari semua lapisan, DPRD Kota/ Kab, Propinsi, Pusat dan DPD… namun dari semua caleg tersebut hanya sekitar 600 orang yang akan berhasil duduk di kursi “Panas” Parlemen… 139.400 orang lagi mau kemana…??? Sehingga wajar sekarang santer pemberiataan tentang mereka yang gagal “DUDUK” baik di surat kabar, TV, Radio dengan segala perubahan perilaku aneh yang mereka perbuat…meskipun tidak semuanya…namun ini sudah merupakan cerminan dari Democrazy…!!

Sebenarnya dengan kahidupan yang sudahada meereka jalani, sudah cukup untuk membuat hidup menjadi tentram, damai dan rukun di tengah masyarakat, tinggal lagi bagaiman kita berusaha optimal untuk bisa berbuat lebih baik, dengan jalan menjadi a REAL man…!!

Kata-kata REAL ini saya adopsi dari bukunya mas Reza M Syarif, “Life Excellent, hidup sempurna dengan segala potensi yang kita miliki, tanpa harus mengorbankan potensi tersebut untuk meraih sesuatu yang memang tidak mungkin untuk bisa digapai, karena bisa jadi memang bukan hak kita yang telah digariskan oleh yang maha kuasa.

REALS, adalah satu kata dalam bahasa Inggris yang berarti NYATA, jadilah kita menjadi manusia yang sanggup hiduo sempurna ditengah dunia nyata yang di jalani. Kata REALS berasal dari R,E,A,L dan S, yang masing-masing mempunyai kata kunci dan makna, yang oleh bang Syarif diuraikan sebagai berikut :

R = Relathionship, E= Enthusiastic, A = Achievement, L = Learning dan S = Sparing Partner….!!!

Relathioship

Untuk bisa kita hidup dengan sejahtera adalah dengan memperbanyak hubungan baik dengan orang lain yang dalam istilah Islam di sebut dengan silaturrahmi, sehingga persahabatan ini nantinya yang akan menjadi penyangga kita dalam hidup dan kehidupan. Dalam bergaul ini orang minang menyatakan “tau jo nan ampek”, jalan mandaki, jalan data, jalan manurun jo jalan malereng….!! Jalan mendaki artinya kita bergaul dengan orang yang lebih dari kita. Kalau kita bergaul dengan orang yang lebih dari kita, lebih pengalamannya, pengetahuannya, maka kita bisa memperoleh bagian dari semua kelebihannya itu, setidaknya resep ilmu yang dimiliki oleh mereka. Jalan Mandata, artinya kita bergaul dengan orang-orang yang selevel dengan kita, baik usia, pengetahuan maupun pengalamannya. Dengan merekakita bisa melakukan sharing, sehingga tidak ada istilah kegagalan, namun saling berbagi pengalaman dan berbagi keberhasilan. Jalan malereng, kadang kala kita bergaul dengan orang yang bisa saja sama usia dari kita, namun mempunyai pengalaman yang lebih dari kita, maka dengan mereka adalah tempat bagi kita untuk menemukan jati diri dan strategi hidup… mengapa orang lain ditengah kesusahan bisa tetap hidup tentram dan damai, atau sebaliknya mengapa ditengah kemwahan hidupnya, sesorang tidak bisa menikmati hidup dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: