Alhamdulillah…Seminar Nasional dan Workshop “Guru go Blog” sukses

Tanggal 2 Mei 2009, adalah saksi nyata atas keberhasilan Panitia Penyelenggara dalam mengangkat kegiatan “Seminar Nasional dan Workshop Guru Go Blog : Optimalisasi Pemanfaatan Blog dalam Pendidikan” sebagai even yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan hari Pendidikan Nasional tahun 2009.

Kegiatan Seminar Nasional dan Worskhop ini diikuti oleh 200 orang peserta, yang berasal dari berbagai instansi dan profesi, seperti Dosen, Guru, Mahasiswa, Pegawai yang berasal dari berbagai instansi di Sumatera Barat.

Keberhasilan Kegiatan Seminar Nasional dan Workshop ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, antara lain :

Dalam kegiatan Seminar Nasional dan Workshop ini dihadirkan empat orang pembicara yang berasal dari beberapa instansi yang berkompeten dalam bidang yang berkaitan dengan kegiatan seminar dan worskhop, antara lain :

  1. Bapak Ahda Yanuar, S.Kom dari Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Sumatera Barat, dengan topik materi tentang Prospek Pengembangan SUmbar Daya Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan Sumatera Barat. Dalam kupasannya Pak Yan (begitu beliau disapa akrab) memaparkan bagaimana kebijakan-kebijakan Badan Keoegawaian Daerah Sumatera Barat dalam merencanakan perekrutan kepegawaian baru di Propinsi Sumatera Bara. khususnya yang berhubungan dengan pengadaan tenaga profesional bidang TI, baik untuk tenaga teknisi maupun tanaga guru bidang TI. Secara jujur beliau mengakui, bahwa memang hingga saat ini masih terdapat banyak kekurangan tenaga TI, khususnya tenaga guru TI di sekolah-sekolah, yang benar-benar mempunyai kompetensi di bidang TI. Oleh karena itu maka kehadiran Program Studi Pendidikan Teknik Informatika di Jurusan Teknik Elektronika, merapakan suatu angin segar bagi pendidikan di Sumatera Barat dalam meningkatakan kualitas penyelenggaraan pendidikan berbasis TI.
  2. Bapak Riky Suhendra, ST, dari PT. Kovalen Global Mandiri, Jakarta, dengan topik materi “Dukungan Sarana dan Media dalam Pendidikan dari Perspektif Industri Media“. PT. Kovalen Global Mandiri sebagai distributor peralatan laboratorium pendidikan dari ED Technology Korea. Pada kesempatan ini,Pak Riky memaparkan teknologi-teknologi baru yang dapat diadopsi oleh dunia pendidikan, khususnya untuk dukungan peralatan laboratorium berteknologi tinggi. Cukup banyak bidang pengembangan lab yang ditawarkan, antara lain peralatan praktikum telekomunikasi, pneumatic, wireles, CDMA dan GSM dan sebagainya. PT. Kovalen Global Mandiri, selain sebagai vendor penyedia peralatan, juga sekaligus melaksanakan kegiatan training sebagai “after sales service” yang diberikan kepada lembaga pendidikan yang telah menggunakan produk mereka di laborratorium sekolah ataupun perguruan tinggi.
  3. Ibu Iin Susanty, dari PT. Telkom, Kandatel Sumatera Barat yang memaparkan materi tentang “Konfigurasi Koneksi Internet menggunakan Teknologi Mobile“. Pada kesempatan ini ibu Iin menjabarkan dengan detil bagaimana Telkom dengan komitmen yang tingg, ingin mendukung keinginan semua lapisan masyarakat untuk dapat mengakses internet dimanapun mereka berada. Dengan produk Telkom Flexy dan Telkom Speedy yang telah ada, sebenarnya kita sudah bisa melakukan koneksi internet dimanapun kita berada. Pada kesempatan yang sama sekalgus beliau melakukan demonstrasi penggunaan produk mobile telkom tersebut dalam mengakses internet, yang saat ini disaksikan oleh semua peserta berjalan dengan sangat lancar dan kecepatan akses yang cukup tinggi, sekitar 115 kbps, menggunakan USB CDMA Modem dan Kartu CDMA Flexy. Sehingga dengan demonstrasi ini, akhirnya banyak peserta yang mulai memahami bagaimana mudahnya berinternet ria.
  4. Sesi keempat ini adalah inti dari kegiatan hari ini, yaitu Workshop pengembangan Blog Edukasi, dengan pembicara Penulis Buku Guru Go Blog (….he..he..udah tau kan..?). Sesi inilah yang sesungguhnya ditunggu oleh peserta yang mayoritas memang berasal dari tenaga edukasi.

Photo 1. Antrian Peserta saat melakukan registrasi

Photo 2. Keseriusan Peserta dalam mengikuti Seminar dan Worskhop

Photo 3. Asyiknya ngikuti workshop

Photo 4. Asyiknya ngikuti workshop dengan baca modul

Photo 4. Asyik…mmmh lahapnya

Foto 5. Antrian peserta saat pembagian sertfikat

Photo 6. Photo bareng penulis buku Guru Go Blog dengan peserta Seminar

Foto 7. Kesibukan Panitia di dapur sekretariat nyiapin sertifikat

Foto 8. Panitia membantu peserta dalam workshop

Foto 9. Keceriaan panitia di sela kegiatan Seminar Nasional dan Workshop

Foto 10. Panitia siap memberikan layanan terbaik bagi peserta

Foto 11. Best service for our audience

Satu Tanggapan

  1. Salaam pak Adri,

    “Sesi inilah yang sesungguhnya ditunggu oleh peserta” benar banget, pak🙂

    Foto2nya sangat ‘natural’ sekali, TFS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: