Adri – Setting Up Your Broadband USB Modem

OK… Pada materi sebelumnya sudah kita bahas tentang proses instalasi USB modem yang akan kita gunakan untuk koneksi ke Internet, maka selanjutnya adalah melakukan setingan awal terhadap koneksi. Untuk melakukan setingan awal ini, silahkan anda ikuti langkah berikut :

  • Jalankan aplikasi Mobile Partner yang telah anda instal bersama dengan model USB sebelumnya, sehingga muncul tampilan aplikasi MObile Partner sebagai berikut: 

  • Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan pin dari kartu akses yang anda miliki, jika anda belum melakukan pengubahan, maka gunakan pin standar 1234.

  • Selanjutnya masukkan Network Profile, dengan mengklik menu Option -> Network Profile

  • Pada jendele New Profile, masukkan data sebagai berikut : Name : Telkomsel Flash, APN Static : Internet dan kemudian simpan dengan mengklik tombol Save

  • Kemudian kembali ke tab Connection, saat ini telah tampil profil Telkomsel Flash. Klik Tombol Connect untuk memulai proses koneksi

  • Maka selanjutnya dilakukan proses authentikasi hak akses dan tunggu proses ini hingga selesai. Jika berhasil dan sinyal Telkomsel tersedia, maka akan muncul tampilan status sebagai berikut :

  • Setelah proses authetikasi selesai dilakukan, maka selanjutnya anda sudah dapat menguji koneksi tersebut dengan menggunakan salah satu web broser pavorite anda, apakah IE, Mozilla, atau Opera.

Kategori Sinyal Koneksi

Eeeiit…anda harus bersabar dulu…!! Karena beberapa teman dan mahasiswa saya yang saya rekomendasikan untuk menggunakan koneksi ini, mengkomplain saya tentang gangguan koneksi yang diterima. Karena pada dasarnya kita akan dihubungkan oleh Telkomsel Flash dengan tiga mode bandwidth koneksi, yaitu :

  • Koneksi W-CDMA, jika anda memperoleh koneksi dengan model koneksi ini, maka anda patut berbahagia, karena paket data anda akan dikirim melalui jalur komunikasi data 3G yang dimililki oleh Telkomsel dengan kecepatan koneksi 3.6 Mbps.

  • Koneksi HSPDA, koneksi ini hampir sama dengan W-CDMA, maka anda patut berbahagia, karena paket data anda akan dikirim melalui jalur komunikasi data 3G yang dimililki oleh Telkomsel dengan kecepatan koneksi 3.6 Mbps.

  • GPRS, namun kadangkala ketika kita berada dipinggir bandwidth komunikasi Telkomsel atau ke uar kota, maka anda harus sedikit bersabar, karena anda hanya akan terkoneksi dengan kecepatan 53, 6 Kbps.

Tips Mengatur Koneksi

Ketiga model koneksi tersebut adalah gambaran dasar model koneksi yang akan anda dapatkan bersama dengan Telkomsel Flash, dan saya yakin tentunya anda tidak akan meragukan kembali tentang jangkauan komunikasi yang dimiliki oleh Telkomsel. Namun perlu anda ingat, dalam klausa perjanjian kontrak dengan Telkomsel Flash, tercantum salah satunya, jika kita sudah mencapai jumlah transaksi data dalam jumlah tertentu, maka koneksi anda dipindahkan ke model GPRS, maka jangan heran, ketika tengah asyik brwosing dengan W-CDMA atau HSPDA tiba-tiba seperti “Hang”, dan berpindah ke GPRS….saran saya : Don’t Panic…!!!

Pengalaman saya membuktikan untuk mengatasi masalah ini, silahkan langsung ambil keputusan untuk “Disconnnect”, kemudian lakukan proses koneksi dari awal kembali, maka anda akan mendapatkan kembali kecepatan akses anda semula. Ternyata penurunan tersebut dihitung dalam satu koneksi, jika kemudian kita putuskan, maka dia akan menganggap sebagai sebuah koneksi baru.

SELAMAT MENIKMATI….

Satu Tanggapan

  1. saya menggunakanusb moden broadbanddan menggunakan kartu telkom sel simpati pede. sedangkan dikotaknya tidak terdat cara penggunaannya.
    mohon solusinya terima kasih
    banggae,s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: